contoh cara membuat laporan PKL

LAPORAN KERJA PRAKTEK

KONFIGURASI ROUTER MIKROTIK SEBAGAI GETEWAY PADA JARINGAN LAN

OLEH
                  NAZWA NABILA
                 NISN: 9997119439

JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMKNEGERI 1 AL-MUBARKEYA
BANDA ACEH
2017/2018

LAPORAN KERJA PRAKTEK INDUSTRI
DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIK
DAN STATISTIK

Di Susun Oleh:
NAMA                                                            : NAZWA NABILA
NISN                                                              : 9997119439
BIDANG KEAHLIAN                     : TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN     : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

PEMERINTAH/KABUPATEN ACEH BESAR
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENEGAH
KEJURUAN SMK
TAHUN AJARAN 2017/2018

Jl.kayee lee-peukan bileue,desa kayee lee ingin jaya ,kab.aceh besar
Kode pos,23371.
Website: www.smknalmubarkeya.sch.id

LAMBAR PENGESAHAN LAMPORAN PRAKTEK


Oleh:
Nazwa Nabila
Nisn:[U1]  9997119439

Aceh besar, 22 desember 2017
Menyetujui,


Guru pembimbing jurusan                                                       Guru pembimbing


Rahmi Fitri S, pd                                                                     Zaki Fuadi S.kom
NIP:[U2]  198407222015042001                                                NIP: -                                              



Mengetahui,
Kepala sekolah


Baihaqi S.Pd M.Pd
NIP:19680610200008 1 002

DAFTAR ISI

Sampul depan/halaman depan································································· 1
Lembar pengesahan·············································································· 2
Daftar isi··························································································· 3
Kata pengantar···················································································· 4
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang······································································· 5
1.2 Tujuan·················································································· 6
1.3 Manfaat················································································ 6
BAB II DASAR TEORI
2.1 Sejarah dan pengertian Mikrotik················································· 7
2.2 Pengertian ············································································  9
BAB III LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
3.1 Pembahasan kerja···································································· 12
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan··········································································· 41
4.2 Saran··················································································· 41
4.3 Daftar Pustaka······································································· 42
4.4 Biodata Siswa········································································ 43

LAMPIRAN

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar (evidence).
Penyusun laporan PRAKERIN INI adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di DISKOMINFO (Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik. Dengan ini penulis berterima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih 6 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN). Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: kepala SMK N 1 AL-MUBARKEYA Baihaqi S.Pd, M. Pd, Ketua Jurusan Rahmi Fitri S. Pd, Kabid. M. Syaifuddin Ambia, ST, MT. Guru pembimbing Ibu Rahmi Fitri S. Pd, Orang tua saya Aisyah Ahmad, Ketua Asrama Kinder Hut Sidhik Pullariyil Bava Dan Kepada Teman-teman saya yang telah memdukung dan telah memberi motivasi kepada saya.
Akhir dari kesempatan ini penulis menyapaikan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang turut membatu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga sangat mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan dalam penulisan laporan ini tersebut.

Banda Aceh, 22 Desember  2017

Penyusun


NAZWA NABILA



BAB I
 PENDAHULUAN

 1.1  Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)
                        Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK negeri 1 Al- mubarkeya melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.
Ada beberapa peraturan tentang PRAKERIN dan putusan Materi. Adapun peraturan PRAKERIN adalah sebagai berikut :
1.      Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentangpendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang
2.      Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tenteng pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mangadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaannya
3.      Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan Nasional
4.      Keputusan Materi No. 0409/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.





1.2 Tujuan
Tujuan PRAKERIN adalah sebagai berikut :
  1. Mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan Dunia Usaha atau Dunia Industri(DU/DI) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di dunia kerja (DU/DI).
  2. Membagi topik-topik pembelajaran dari Kompetensi Dasar yang dapat dilaksanakan di sekolah (SMK) dan yang dapat dilaksanakan di Institusi Pasangan (DU/DI) sesuai dengan sumberdaya yang tersedia di masing-masing pihak.
  3. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  4. Memberikan bekal etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global




1.3  Mamfaat
Adapun mamfaat dari PRAKERIN mamfaatnya adalah sebagai berikut :
1.      Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
2.      Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
3.      Mengetahui arti penting disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
4.      Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah.
5.      Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

















BAB II
DASAR TEORI

2.1 SEJARAH DAN PENGERTIAN MIKROTIK

A. Sejarah Mikrotik

MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.
B. Jenis-Jenis Mikrotik
MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.

Ini adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer rumahan (PC) melalui CD. File image MikroTik RouterOS bisa diunduh dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, anda harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.
2.2 PENGERTIAN MODEM, SWITCH, DHCP SERVER, NAT,      GETEWAY, IP ADDRESS
A.   Modem
Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator mempunyai fungsi melakukan proses menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu. Dan proses ini biasa dinamakan dengan proses modulasi. Dalam proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyalanalog.
Demodulator mempunyai fungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.
                                                                                 
B.     Switch
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data . Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub . Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi Hub adalah 100 Mbps . Sementara Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps . Bahkan ada yang hampir mendekati kecepatan 1Gbps . Perbedaan Switch dan Hub juga terletak di tempat keduanya  bekerja . Switch bekerja pada Layer 2 dan Layer 3 . Sementara Hub bekerja pada Layer 1 . Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ) . Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima . Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain .

C.     DHCP Server
DHCP merupakan singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP Client. fungsi DHCP Seperti yang sudah diterangkan. fungsi DHCP ini adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.

D.    NAT (Network Address Translation)
Nat adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.

E.     GATEWAY
Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda. Itulah definisi gateway tersebut yang utama. Karena seiring dengan merebaknya dan berkembangnya internet, pengertian gateway sering kali bergeser. Sering sekali pemula menyamakan gateway dengan router yang sebenarnya itu tidaklah benar.


F.    IP ADDRESS
IP Address adalah alamat atau identitas numerik yang diberikan kepada sebuah perangkat komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komputer lain.


BAB III
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

3.1PEMBAHASAN KERJA

( Gambar 1.a Konfigurasi router mikrotik sebagai geteway pada jaringan LAN )








a.     Pendahuluan
Winbox adalah software utility atau perangkat lunak tambahan yang di gunakan untuk meremote atau mengakses sebuah alat mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system [U4] windows. Kebanyakan orang banyak mengkonfigurasi mikrotik os atau mikrotik routerboard menggunakan winbox di banding dengan yang mengkonfigurasi langsung lewat mode CLI (Command Line Interface). Hal ini karena menggunakan winbox dirasa lebih mudah dan simple dibanding melalui browser ataupun command line. Dan hasilnya pun juga lebih cepat.
Winbox bekerja pada layer 2 dan 3 karena winbox bisa diakses melalui IP address dan mac address. Versi terbaru winbox adalah versi 3. Winbox sendiri bersifat portable, selain itu size nya juga kecil.

b.     Fungsi Winbox

Fungsi utama winbox adalah untuk setting yang ada pada mikrotik,  berarti tugas utama windox adalah untuk menyetting atau mengatur mikrotik dengan GUI, atau tampilan dekstop
fungsi winbox lebih rinci adalah
1. Setting mikrotik routher
2. Untuk setting bandwite jaringan internet
3. Untuk setting blokir sebuah situs
4. Dan masih banyak yg lainnya..











LAN 1


LAN 2
     
















BAB IV
PENUTUP

4.1 kesimpulan
            Dalam bab ini penulis dapat menyimpulkan apa yang telah di pelajari dan di laksanakan selama praktek kerja industri(PRAKERIN)dari awal hingga akhir kegiata yaitu sebagai berikut:
-          Mikrotik Router, merupakan system operasi linux base yang di peruntukkan sebagai network router. Dengan menggunakan antarmuka texs(Command Line Interface
-          Mikrotik Router dapat di gunakan sebagai pegganti Router Fisik
-          Winbox adalah suatu software yang dapat di gunakan untuk melakukan konfigurasi mikrotik dengan menggunakan antarmuka grafis (GUI) dengan mudah dan cepat
4.2 Saran
Beberapa hal yang penulis temukan di lapangan saat pelaksanaan prakerin sebagian yang kecil justru tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas.terkait dengan ini penulis ajukan beberapa saran antara lain:













DAFTAR PUSTAKA




















BIODATA SISWA

NAMA                                                      : NAZWA NABILA

NISN                                                         : 9997119439

TEMPAT TANGGAL LAHIR                 : GINTONG, 03 AGUSTUS 1999

JENIS KELAMIN                                    : PEREMPUAN

AGAMA                                                   : ISLAM

ALAMAT RUMAH                                 : YAYASAN KINDERHUT, INDRAPURI

SEKOLAH                                                : SMK N 1 AL-MUBARKEYA

ALAMAT SEKOLAH                             : JL. KAYEE LEE - PEUKAN BILEUE,                       DESA KAYEE LEE INGIN JAYA












Comments

Popular posts from this blog

Ayat - Ayat Yang Menjelaskan Tentang Kepedulian Sosial

Pengertian dan Ruang Lingkup Aqidah Islamiyah

Makalah IP Address